TIPS TINGKAT LANJUT UNTUK MENJADI WEB DEVELOPER MAHIR

1. Linux
          Tanpa maksud meremehkan sistem operasi Windows, tapi pada kenyataannya sebagian besar web server di dunia menggunakan Linux atau Unix Family lainnya sebagai sistem operasinya. Menggunakan Linux saat melakukan proses pengembangan web akan membiasakan Anda untuk selalu aware terhadap pentingnya huruf besar dan kecil untuk nama file hingga perlunya setting permission folder yang digunakan untuk menyimpan file hasil upload. Hal tersebut bisa mencegah permasalahan yang timbul saat aplikasi web yang ditulis di Windows kemudian di-upload ke server yang menggunakan Linux.
2. Pelajari Framework
          Framework sangatlah penting untuk menjaga coding kita tetap terstruktur rapi dan memiliki standar yang sama terutama bila aplikasi web dikerjakan bersama-sama. Kita perlu memastikan bahwa coding yang dikerjakan oleh satu programmer tetap dapat dibaca dan dikembangkan atau diperbaiki oleh programmer lainnya. Penggunaan framework juga akan memisahan layer logic, database query, dan tampilan sehingga aplikasi lebih mudah untuk di-maintain.
          Beberapa framework yang populer diperuntukkan untuk bahasa PHP, seperti Laravel, Symfony, dan Yii. Untuk bahasa Python ada framework bernama Django. Kemudian ada juga Ruby On Rails untuk bahasa Ruby.
3. Advance Javascript
          Anda juga perlu mempelajari Javascript tingkat lanjut seperti jQuery. Dengan menguasai jQuery, Anda bisa melakukan manipulasi terhadap halaman web Anda dengan lebih mudah seperti membuat textfield menjadi autocomplete, membuat bagian halaman tertentu hilang atau tampil dengan kondisi tertentu, dan lain-lain. Selain Javascript library seperti jQuery, Anda juga bisa mempelajari Javascript Framework seperti Angular atau ReactJS yang saat ini semakin populer.
4. Responsive Layout
          Ini adalah advance CSS. Penggunaan perangkat mobile semakin banyak, sehingga kita mau tidak mau harus membuat aplikasi web kita juga nyaman saat dibuka di layar perangkat mobile. Dengan mengunakan responsive layout maka tampilan web kita akan secara otomatis "menyesuaikan diri" dengan lebar layar yang membukanya. Beruntunglah kita karena ada Bootstrap CSS yang akan sangat membantu dalam membuat responsive layout tersebut. Selain Bootstrap, ada juga Foundation JS yang mungkin perlu diperhitungkan.
5. Revision Control
          Aplikasi web Anda tentu akan semakin berkembang dan mengalami banyak modifikasi. Yang mengerjakan juga belum tentu Anda sendiri. Bisa saja Anda mengerjakan bersama-sama. Inilah saat yang tepat untuk mulai menggunakan software revision control. Apakah itu? Revision control akan membantu Anda untuk mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada coding Anda. Dengan begitu Anda bisa mendeteksi setiap perubahan, kapan perubahan tersebut, hingga siapa yang melakukan perubahan. Anda juga bisa melakukan revert ke versi coding sebelumnya bila diperlukan. Untuk software revision control, Anda bisa menggunakan Git atau Subversion. Saya merekomendasikan Git karena bisa digunakan secara local/offline sehingga bisa digunakan saat kita bekerja sendiri sekalipun.
6. RESTful Web Services
          Pelajarilah cara membuat web services menggunakan metode RESTful. Saat ini aplikasi web sudah banyak yang menjadi satu paket dengan aplikasi mobile atau mungkin juga aplikasi desktop atau mungkin juga terintegrasi dengan aplikasi web lain sehingga diperlukan web services sebagai jembatan penghubungnya. Untuk memudahkan pembuatan RESTful API sudah tersedia framework PHP seperti Slim Framework atau Silex.
7. Unit Testing

          Penggunaan unit testing akan membantu Anda untuk memastikan bahwa perubahan pada salah satu komponen aplikasi tidak akan merusak proses komponen lainnya. Hal ini akan sangat membantu Anda agar tidak perlu melakukan testing manual ke setiap bagian program apabila ada perubahan. Untuk PHP tersedia PHPUnit yang bisa Anda download dan install. Framework populer seperti Laravel juga sudah menyediakan fitur unit testing tersebut.

referensi : https://www.codepolitan.com/tips-menjadi-web-developer-mahir-58300b5e57115-21486

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN E - BUSINESS

SMALL WORD (STRUKTUR WEB)

ABSTRAKSI DAN GENERALISASI