ROBOT Atau BOT



Apa itu Robot atau Bot !
          Selain indexer, spider dan crawler, maka ada satu lagi istilah yang wajib diketahui yakni robot atau biasa dipanggil bot. Robot menurut pengertian dasar adalah sebuah program yang berjalan otomatis di internet, tetapi pada kenyataan tak semua berjalan tanpa lepas kendali begitu saja.
          Beberapa bot justru akan melaksanakan perintah usai menerima masukan atau input spesifik. Bot terbagi menjadi beberapa tipe, tetapi sebagian besar yang beredar di internet justru berkaitan erat dengan crawler, chat room bot dan malicious bot. Crawler seringkali digunakan oleh layanan search engine untuk memindai situs secara teratur.
          Jenis bot ini akan bergerak perlahan menyusuri situs dengan mengikuti link di setiap halaman. Crawler nantinya menyimpan konten setiap halaman pada index pencarian. Dengan memakai algoritma kompleks, search engine dapat menampilkan halaman paling relevan yang berhasil ditemui oleh crawler untuk menjawab pertanyaan spesifik.
          Robot search engine selain dikenal sebutan “bot” ternyata juga memiliki nama lain tak kalah beken seperti bot, wanderer, spider, and crawler. Terlepas dari perbedaan nama, program tersebut merupakan andalan bagi layanan mesin pencari beken dunia seperti Google, Bing, and Yahoo! Robot sengaja dirancang untuk membangun database. Sebenarnya sebagian besar robot bekerja seperti web browser, hanya saja tidak butuh interaksi pengguna.
          Mudah sekali bagi robot mengakses sebuah situs. Sebagaimana tertulis pada paragraf sebelumnya, bot seringkali memakai link untuk mencari dan terhubung dengan situs lain. Dengan begitu bisa mengindeks judul, ringkasan atau seluruh konten dokumen jauh lebih cepat ketimbang kemampuan manusia. Oleh karena itu layanan search engine terus berusaha memperbaiki kualitas bot demi hasil penelusuran lebih baik lagi.

          Kehadiran robot memang menguntungkan search engine, apalagi terkenal efisiensi dan cepat. Akan tetapi bisa menjadi malapetaka bagi pemilik situs jika robot dirancang dengan konstruksi buruk. Mengapa demikian? Ketika “robot berkualitas rendah” menyusuri situs, maka kinerja server pun semakin berat. Oleh karena itu pemilik situs dapat mengecualikan atau membatasi akses robot dengan menaruh file robots.txt pada server. Nantinya file tersebut akan menjabarkan perintah mengenai apa saja bagian dari situs yang boleh diakses.

https://www.seon.co.id/apa-itu-indexer-web-spider-web-crawler-robot-spider-pada-search-engine/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN E - BUSINESS

SMALL WORD (STRUKTUR WEB)

ABSTRAKSI DAN GENERALISASI