MANFAAT E-COMMERCE BAGI PERUSAHAAN DAN KONSUMEN
A. Manfaat E-Commerce bagi perusahaan
Beberapa
manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan dari e-commerce, diantaranya:
a.
Buka sepanjang waktu
Seperti
situs atau web e-commerce yang dapat beroperasi setiap waktu selama 24 jam
sehari dan tentunya setiap hari. Dapat disimpulkan hal seperti ini dapat
meningkatkan jumlah konsumen dan pesanan yang diterima akan semakin bertambah.
b.
Melewati batasan geografis atau jangkauan global
Toko
fisik tentunya akan dibatasi oleh wilayah geografis. Dengan menggunakan
e-commerce maka seluruh penjuru dunia dapat dikatakan wilayah untuk menjalankan
bisnis. Karena dengan e-commerce perusahaan dapat menjalankan bisnis dengan
jangkauan yang lebih luas.
c.
Dapat memperoleh konsumen melalui pencarian di internet
Situs
atau web e-commerce perusahaan bisa saja ditemukan oleh konsumen jika mereka
mencarinya di internet dan tentunya hal ini akan menjadi salah satu keuntungan
yang bisa didapatkan oleh perusahaan dalam berbisnis karena pelanggan baru akan
berdatangan.
d.
Biaya promosi yang relatif rendah
Manfaat
lain yang bisa didapatkan dari e-commerce yaitu biaya promosi yang relatif
rendah. Tentunya hal seperti ini akan menjadi salah satu keuntungan bagi
perusahaan dalam mempromosikan produknya kepada para konsumen.
e.
Mencari produk menjadi lebih cepat dan akurat
Misalnya
pada situs atau web e-commerce perusahaan konsumen dapat mencari produk dengan
cara menklik katalog atau tombol menu yang telah disediakan di websitenya atau
bisa juga menggunakan kotak pencarian, sehingga konsumen dapat menemukan produk
yang diinginkannya.
f.
Dapat memberikan informasi yang akurat dan up-to-date
Tentunya
informasi akan semakin lengkap dan lebih mudah disampaikan kepada para
konsumen. Biasanya informasi tersebut berisi spesifikasi mengenai produk-produk
yang dijual oleh perusahaan. Informasipun dapat di update kapan saja jika ada
pemberitahuan atau penjelasan yang baru mengenai produk yang dijual kepada
konsumen.
B. Manfaat E-Commerce bagi konsumen atau
pelanggan
Beberapa
manfaat yang bisa didapatkan oleh konsumen dari e-commerce, diantaranya:
a.
Dimana saja dan kapan saja
Konsumen
dapat bertransaksi kapan saja dan tentunya dapat membeli produk yang di
inginkannya kapan saja, selama ada koneksi internet.
b.
Lebih banyak pilihan produk dan jasa
Produk
yang ditampilkan dalam website e-commerce tentunya akan banyak pilihan, sebab
untuk menupdate informasi mengenai produk dapat dilakukan dengan mudah.
c.
Harga yang relatif lebih murah
Dapat
dilihat dan coba bandingkan biasanya harga dari produk yang ditawarkan di
website e-commerce relatif lebih murah di bandingkan dengan produk yang
ditawarkan di toko-toko fisik.
d.
Ketersediaan informasi
Tersedianya
informasi yang akurat mengenai informasi atau spesifikasi produk yang di
inginkan.
g.
Memberikan perbandingan harga saat berbelanja
Semakin
banyaknya e-commerce sehingga dapat memungkinkan konsumen untuk mencari produk
yang dicarinya dari beberapa website perusahaan dan nantinya konsumen akan
menentukan harga terbaik.
e.
Kesempatan berpartisipasi
Konsumen
dapat memberikan testimoni atau komentar mengenai pelayanan dan produk yang
sudah dibelinya. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.
Sumber :
http://www.pengertianku.net/2016/06/pengertian-e-commerce-secara-umum-dan-manfaatnya.html
Komentar
Posting Komentar