KOMPONEN DIGITAL CINEMA

KOMPONEN DIGITAL CINEMA
   


          Teknologi DLP dikembangkan oleh Texas Instruments, dengan basis teknologi Digital Micromirror Device (DMD) chip yang terbuat dari jutaan cermin super kecil. Tiap cermin digunakan untuk tiap pixel pada screen. Citra yang masuk kemudian akan diolah ke dalam color wheel/disc dengan basis warna merah, hijau, dan biru (RGB). Setelah itu citra melalui DMD, dan setiap cermin akan mereflesikan dalam berbagai sudut dengan kecepatan yang sangat cepat citra-citra warna yang dibutuhkan dalam penampilan suatu gambar pada screen.
Dengan perbandingan dan resolusi yang sama, sebenarnya projector ini akan menampilkan gambar dengan pixel dan contrast yang lebih tinggi dibandingkan dengan LCD projector. Oleh karena itu mengapa anda harus mengeluarkan uang yang lebih untuk membawa pulang projector ini. Karena DLP projector hanya menggunkan single DMD chip untuk memproses gambar, maka projector ini dapat dikemas dengan bentuk yang lebih ringkas dan kecil, rata-rata beratnya tidak mencapai 1 kg.

BAGIAN-BAGIAN SINGLE CHIP DLP PROJECTOR
1.     Lampu terbuat dari mercury dan memiliki daya tahan s/d 6000 jam
2.    Color wheel adalah roda warna di mana terdiri di dalam roda tersebut warna-warna polikromatis dan apabila roda itu diputar maka akan menghasilkan satu warna monokromatis yaitu putih. Hubungannya color wheel digunakan untuk meramal perubahan komponen warna yang mempengaruhi warna yang lain, dan menterjemahkannya pada model rgb dan cmyk. Color wheel dikenal sebagai roda warna yang membagi sinar putih dari lampu menjadi beberapa warna utama dan gradasi
3.     Light pipe adalah bagian kecil yang akan memfokuskan sinar lampu dari color wheel yang akan diteruskan menuju dmd chip
4.     Dmd board adalah tempat dmd chip menempel
5.     Dmd chip adalah chip processor untuk mengolah warna dan gambar dari input
6.     Teknologi pencitraan ( optical engine projector ).
Teknologi pencitraan adalah teknologi yang dipakai sebuah proyektor untuk menghasilkan skema warna, sehingga
menciptakan suatu proyeksi gambar yang sesuai dengan sumber input nya. Optical engine bagian optic yang berfungsi untuk memperbesar tampilan gambar dari input update terbaru : color wheel yang digunakan saat ini sudah 5-6 segment sehingga hasil tampilan warna 95% mendekati warna asli dari inputnya.


https://indovisualprojector.wordpress.com/2013/01/04/bagian-bagian-single-chip-proyektor-dengan-teknologi-dlp/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN E - BUSINESS

SMALL WORD (STRUKTUR WEB)

ABSTRAKSI DAN GENERALISASI