PENGENALAN KOMPUTER

1.      Definisi Komputer
Komputer berasal dari kata “to compute” yang berarti menghitung. Jadi, secara umum komputer bisa kita definisikan sebagai mesin hitung. Tetapi pengertian komputer saat ini bukanlah semata – mata alat hitung saja, tetapi adalah suatu alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal dan bekerja dengan bantuan operating system.
Jadi kalau diperhatikan definisi komputer di atas terlihat bahwa ada 4 hal penting yan gharus ada pada suatu komputer, yaitu :
1.      Alat dengan konstruksi elektronika
2.      Storage internal
3.      Sistem operasi
4.      Program

2.     Jenis komputer
Pembagian komputer menurut jenisnya bila kita lakukan berdasarkan :
1.      Cara kerja
2.      Kegunaan
3.      Kapsitas kerja dan memori
Berdasarkan cara kerja
Berdasarkan cara kerja, komputer bisa kita bagi atas 3 jenis, yaitu : komputer analog, digital, dan hybrid.
Komputer analog

Analog bisa kita artikan dengan sama, setara atau ekuivalen. Jadi komputer analog adalah komputer yang beroperasi secara paralel atau sama dengan besaran fisik atau angka – angka yang diterimanya. Jadi komputer anlaog sangat sesuai sekali digunhakan untuk mengukur data kualitatif seperti temperatur, tinggi nada suara, tegangan listrik dan lain – lain.
Sebagai contoh : penggunaan komputer pada alat volt meter, jam listrik, barometer dan lain- lain.
Komputer digital

            Komputer digital adalah komputer yang beroperasi atau bekrja dengan angka – angka atau tanda – tanda lain seperti huruf, tanda bada dan karakter khusus lainnya yang dalam operasinya diidentifikasikan angka. Komputer digital mempunyai kemampuan kalkulasi dan manipulasi data. Karen komputer ini mempunyai kemampuan kalkulasi dan manipulasi data, maka komputer digital sering digunakan untuk aplikasi – aplikasi bisnis, dan lain- lain aplikasi yang mengolah data kuantitaif.
Komputer hybrid

            Komputer hybrid adalah gabungan dari kedua jenis komputer di atas. Komputer hybrid bekerja atau beroperasi dengan angka atau besaran fisik yang diterimanya. Berdasarkan kapsitas kerja dan memori dapat kita golongkan komputer atas, mimkrokomputer, minikomputer,medium – scale computer, large – scale computer dan super komputer.
Cara pembagian kelas komputer tidak selalu demikian. Ada yang membagi atas 3 kelas, yaitu mikrokomputer, minikomputer, mainframe.
Dilihatdari fleksibilitas penggunaannya, komputer dapat kita golongkan atas komputer serba guna (general purpose), dan komputer untuk penggunaan khusus (special purpose).

DAFTAR PUSTAKA

H.S, D. Suryadi. 1992. PENGENALAN KOMPUTER. Jakarta: Gunadarma.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN E - BUSINESS

SMALL WORD (STRUKTUR WEB)

ABSTRAKSI DAN GENERALISASI