DATA & INFORMASI

1.       Pengertian Data dan Informasi
Kegiatan pengolahan  data sudah dimulai sejak dahulu sejalan dengan perkembangan sistem catat mencatat, yaitu disaat kegiatan manusia sudah semakin banyak sehingga sukar bagi manusai untuk mengingatnya. Kegiatan catat mencatat ini dilakukan di berbagai bidang pekerjaan baik oleh perorangan, perusahaan atau pemerintahan. Dengan semakin bertambahnya jumlah dan arti data bagi manusia maka mereka berusaha untuk membuat alat yang dapat menggantikan manusia dalam hal catat mencatat.
Hal ini terjawab oleh kemajuan teknologi manusia dengan diciptakannya komputer sebagai alat pengganti tersebut. Kegiatan catat mencatat inilah yang sekarang disebut orang dengan istilah data processing. Pada saat ini kegiatan data processing ini sudah makin luas, baik dalam kegiatan yan gberorientasi kepada ilmu pengetahuan, komersil/bisnis maupun kegiatan pemerintahan, sehingga data yang diolahpun, akan bermacam – macam jenisnya sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut. Data yan gdiolah di sini bisa berupa dokumen, surat, kata, bagan, grafik, kondisi, situasi, ide, objek, dll yan gbisa kita tata. Jadi data tersebut bisa beruoa kartu pegawai, daftar mahasiswa, daftar persediaan barang, absensi murid dan lain sebagainya.
Dari penjelesan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa data tersebut merupakan bahan yan gakan diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih mempunyai arti. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data atau hasil proses data tersebut.
Setelah dilakukan pengolahan, maka sifat data akan berubah sehingga bertambah kegunaannya yan gdapat dipakai untuk suatu tujuan tertentu atau untuk analisis dan pengambilan keputusan. Biasanya informasi terdiri dari “Selected Data” yaitu data yang terpilih, tergabungdan disusun sesuai dengan kebutuhan dari pemakai data, masalah waktu, tempat dan fungsinya.

Proses perubahan dari data menjadi informasi merupakan fungsi utama dari pengolahan data. Cara pengolahan data menjdai informasi tersebut bisa bermacam – macam, misalnya secara manual dengan menggunakan alat hitung sempoa, secara mekanis dengan menggunakan register, secara elektris dengan menggunakan mesin hitung listrik atau dengan elektronis dengan menggunakan komputer.

2.      Pengolahan data dengan komputer
Komputer adalah mesin pengolahan data yang diciptakan manusia dengan tujuan memberikan jalan untuk mempertinggi produktivitas.
Produktivitas dapat ditingkatkan dalam pengertian :
a.       Dengan mempergunakan komputer kesanggupan mengolah data atau memecahkan masalah akan lebih besar dengan mutu yang lebih baik.
b.      Dengan mempergunakan komputer sebagau pengolah data atau pemecahan suatu masalah dapat lebih cepat terselesaikan.
c.       Dengan mempergunakan komputer, pengolahan data atau pemecahan masalah dapat dilaksanakan lebih teliti dan lebih efektif.
Jika ditinjau dari segi fungsional, komputer itu bisa kita anggap sebgai pelaksana tugas, agar pekerjaan bisa terselesaikan secara baik dan efisien, maka pengolah data harus ada paling sedikit 3 persyaratan yaitu :
1.      Kumpulan data atau input yang akan diolah.
2.      Prosedur atau prosessing yan gtelah direncanakan.
3.      Hasil atau output yang diinginkan dan akan dipergunakan untuk melakukan tindakan – tindakan selanjutnya.

Mesin komputer sebagai pelaksana tugas tidak jauh berbeda dengan manusia yang juga sebagai pelaksana tugas.
Berikut ada beberapa tugas yang dilakukan oleh manusia dan pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh komputer.
1.      Problema dan data
2.      Instruksi atau program
3.      Bahasa pemrograman
4.      Alat perantara atau input media
5.      Compiler
6.      Logika & aritmatika
7.      Daya ingat
8.      Pengalaman
9.      Media output serta hasil pemrosesan
10.  Kemampuan mengkoordinasi & sistem operasi 

SUMBER :
H.S, D. Suryadi. 1992. PENGENALAN KOMPUTER. Jakarta: Gunadarma.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN E - BUSINESS

SMALL WORD (STRUKTUR WEB)

ABSTRAKSI DAN GENERALISASI