Java Server Page

A.                Definisi
JSP merupakan suatu teknologi web berbasis bahasa pemrograman java dan berjalan di platform java, dan juga merupakan bagian teknologi J2EE (java 2 enterprise edition). JSP merupakan bahasa scripting untuk web programming yang bersifat server side seperti halnya PHP dan ASP. JSP dapat berupa gabungan antara baris HTML dan fungsi – fungsi fari JSP itu senfiri. JSP pada pengolahannya fi server akan diubah menjadi Servlet kembali dan dikompilasi.
Keunggulan JSP
JSP merupakan dokumen text seperti HTML, yang menghindari format dan memanipulasi yang memungkinkan string yang sangat panjang untuk menghasilkan output. Berikut merupakan beberapa kelebihan dari teknologi JSP :
1.      JSP lebih dikenal oleh semua orang dengan pengetahuan dari HTML, untuk memudahkan dalam pengembangan web page.
2.      JSP memilikki built – in yang mendukung untuk penggunaan komponen software yang dapat digunakan kembali (JavaBeans). Hal ini tidak hanya membiarkan para pengembang menghindari kemungkinan menemukan kembali inti/kemudi dari tiap aplikasi, mempunyai software pendukung untuk memisahkan komponen software untuk menghandle logic promotes separation dari presentasi dan business logic.
3.      JSP merupakan bagian solusi dari java untuk pengembangan aplikasi web, merupakan multi – platform yang terpisahkan dan dapat dijalankan pada berbagai container Servlet yang compatible, dengan mengabaikan vendor atau sistem operasinya.


B.               Arsitektur JSP
Untuk arsitektur dari JSP sendiri tidak terdapat perbedaan yang signifikan jika dibandingkan oleh Servlet. Lokasi dan level ekdekusinya nyaris sama, hanya dalam beberapa hal. Salah satu perbedaannya adala Servlet merupakan business layer dari J2EE sedangkan JSP adalah presentation layer. Yang dimaksud business layer adalah Servlet bekerja di balik layar dan merupakan tempat dimana logika yang lebih rumit dan kompleks ditempatkan. Sedangkan JSP bertindak sebagai layer presentasi yang mempresentasikan sebuah Servlet.

C.               Cara kerja JSP
Cara kerja sebuah JSP juga tidak berbeda dengan Servlet. Perbedannya hanya pada sebuah file JSP terlebih dahulu diubah menjadi sebuah Servlet. Hal ini akan dilakukan oleh container. Container bertanggungjawab terhadap siklus hidup dari JSP dan manajemen threading-nya.


SUMBER :
Modul kursus web programming Gunadarma

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN E - BUSINESS

SMALL WORD (STRUKTUR WEB)

ABSTRAKSI DAN GENERALISASI