E-BUSINESS dan E-COMMERCE


1.    E-COMMERCE
a.    Pengertian
            Electronic Commerce (E-Commerce) merupakan proses pembelian dan penjualan produk, jasa, dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan computer yang salah satunya merupakan internet.

b.    Tujuan
            Tujuan suatu perusahaan menggunakan system E-Commerce maka perusahaan tersebut dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungan perusahaan tersebut.

c.    Jenis – Jenis E-Commerce
1.    Business to Business (B2B).
     B2B e-commerce meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan antara perusahaan. Umumnya e-commerce dengan jenis ini dilakukan dengan menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) dan email dalam proses pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi, atau pengiriman dan permintaan proposal bisnis.

2.    Business to Consumer (B2C).
     B2C adalah jenis e-commerce antara perusahaan dan konsumen akhir. Hal ini sesuai dengan bagian ritwl dari e-commerce yang biasa dioperasikan oleh perdagangan ritel tradisional. Jenis ini bias lebih mudah dan dinamis, namun juga lebih menyebar secara tak merata atau bahkan bias terhenti.

3.    Consumer to Consumer (C2C).
     C2C merupakan jenis e-commerce yang meliputi semua transaksi elettronik barang atau jasa antar konsumen. Umumnya transaksi ini dilakukan melalui pihak ketiga yang menyediakan platform online untuk melakukan transaksi tersebut.

4.    Consumer to Business (C2B).
     C2B adalah jenis e-commerce dengan pembalikan utuh dari transaksi pertukaran atau jual beli barang secara tradisional. Jenis e-commerce ini sangat umum dalam proyek dengan dasar multi sumber daya. Sekelompok besar individu menyediakan layanan jasa atau produk mereka bagi perusahaan yang

5.    Business to Administration (B2A).
     B2A adalah jenis e-commerce yang mencakup semua transaksi yang dilakukan secara online antara perusahaan dan administrasi public. Jenis e-commerce ini melibatkan banyak layanan, khususnya di bidang – bidang seperti fiscal, jaminan social, ketenagakerjaan, dokumen hokum dan register dan

6.    Consumer to Adminstration (C2A).
     Jenis C2A meliputi semua transaksi elektronik yang dilakukan antara individu dan adminstrasi public.

7.    Online to Offline (O2O).
     O2O adalah jenis e-commerce yang menarik pelanggan dari saluran online untuk took fisik. O2O mengidentifikasikan pelanggan di bidang online seperti email dan iklan internet, kemudian menggunakan berbagai alat dan pendekatan untuk menarik pelanggan agar meninggalkan lingkup online.

d.    Manfaat
1.    Melewati Batasan Geografis
     Dengan adanya e-commerce segala keterbatasan geografis akan teratasi dengan mengakses situs web e-commerce saja. Bahkan, saat ini muncul m-commerce, yaitu e-commerce pada perangkat mobile.

2.    Mencari Produk Lebih Cepat
     Pada sebuah e-commerce, pelanggan dapat mengklik navigasi intuitif atau menggunakan kotak pencarian untuk sgera mempersempit pencarian produk mereka.

3.    Menurunkan Biaya Operasional
     Transaksi e-commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya deprogram di dalam computer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi.

4.    Dapat Memberikan Informasi Up to date
     Tentunya informasi akan semakin lengkap dan lebih mudah disampaikan kepada para konsumen. Biasanya informasi tersebut berisi spesifikasi mengenai produk-produk yang dijual oleh perusahaan.

5.    Buka Sepanjang Waktu
     Seperti situs atau web e-commerce yang dapat beroperasi setiap waktu selama 24 jam seehari dan tentunya setiap hari. Dapat disimpulkan hal seperti ini dapat meningkatkan jumlah konsumen dan pesanan yang diterima akan semakin bertambah.

e.    Kekurangan
1.    Kekurangan dari segi teknis
·         Jika implementasi buruk maka dapat terjadi kelemahan keamanan, keandalan dan standar system yang ada.
·         Perubahan/perkembangan industry perangkat lunak sangatlah cepat.
·         Jika terjadi kendala pada bandwitdth, maka dapat terjadi kegagalan TI.
·         Kesulitan dalam integrasi system.
·         Terjadi masalah pada kompabilitas system.

2.    Kekurangan dari segi non-teknis
·         Mahalnya biaya pembuatan/pembangunan sebuah system e-commerce.
·         Tingkat kepercayaan pelanggan yang kurang terhadap situs e-commerce.
·         Sulitnya untuk memastikan keamanan dan privasi dalam setiap transaksi online.
·         Kurangnya perasaan dalam kegiatan jual beli
·         Masih belum murah dan amannya akses internet pada suatu Negara tertentu.

2.    E-BUSINESS
a.    Pengertian
            Definisi E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan internet. Kegiatan E-business juga memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. Terdapat lima kemungkinan bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya :
·         Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
·         Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
·         Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
·         Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
·         Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.
b. Tahapan
            Terdapat empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan internet untuk tujuan e-business, di mana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business, antara lain :
·         Mendayagunakan komputer
·         Mendayagunakan jaringan dan internet (seperti email, chat messanger, IRC, dll,.)
·         Membangun dan mendayagunakan web
c. Manfaat
            Manfaat dan kegunaan dari e-business diantaranya adalah untuk :
·         Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
·         Efisien dan Efektif
·         Peningkatan produktivitas dan keutungan
d. Alat dan Media
Alat dan media atau sumber yang digunakan dalam e-business adalah :
·         Teknologi informasi dan komunikasi
·         Komputer
·         Internet
·         Kegiatan Sasaran
·         Kegiatan bisnis
·         Proses bisnis utama
·         Pembelian, penjualan, pelayanan, transaksi.
e. Pelaku E-Business
            Pelaku e-business diantaranya :
·         Perusahaan
·         Konsumen
·         Perusahaan
·         Supllier
·         Rekan bisnis
Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN E - BUSINESS

SMALL WORD (STRUKTUR WEB)

ABSTRAKSI DAN GENERALISASI