MEDIA SOSIAL



APLIKASI ONLINE PADA INTERNET

1.    LINE
Line adalah aplikasi komunikasi baru yang memungkinkan panggilan suara gratis dan mengirim pesan gratis kapan pun dan di mana pun, seharian penuh. Telepon dan kirim pesan sebanyak yang kita mau tanpa batas. Line menjadi aplikasi nomor 1 paling sering diunduh di 52 negara termasuk Jepang, Thailand, Taiwan, Spanyol, Tiongkok, Indonesia, Singapura, Hongkong, Malaysia, India, Swiss, Arab Saudi, Meksiko, Rusia, Macau, Uni Emirat Arab dan negara lainnya.

Kelebihan :       
Panggilan Suara dan Panggilan Video Gratis
Jika kita mengunduh Line di IOS ataupun Android, kita bisa menikmati panggilan suara dan panggilan video gratis berkualitas tinggi, kapan pun dan di mana pun kita berada. Telepon dan bicara dengan waktu yang tidak terbatas dan tentunya tanpa dikenakan biaya.

Pesan Terkirim dengan Cepat
Daripada mengirimkan email/sms ke teman-temanmu, gunakan fungsi pesan Line untuk mengirim pesan dengan ikon berwarna, foto dan bahkan info lokasi.
Ekspresikan dirimu dengan sticker dan emoji.
Kirim foto dan pesan suara dengan mudah.
Tersedia untuk PC dan tablet

Membuat Komunikasi Lebih Menyenangkan dan Nyaman
Dengan fitur Timeline, kita bisa mengupdate kegiatanmu dengan menggunakan teks, foto, video, sticker atau bahkan info lokasi. Jangan ketinggalan juga mengikuti posting teman-temanmu!

Lakukan panggilan internasional dengan Line Out
Lakukan panggilan internasional ke ponsel dan telepon rumah dengan tarif murah. Kita bahkan dapat memanggil teman yang bukan pengguna LINE.
*Seperti halnya aplikasi lain, aplikasi ini dapat dikenakan biaya data. Kami sarankan untuk menggunakan aplikasi ini dengan paket internet tanpa batas.
Info teknis untuk Penggunaan yang Optimal:

Kekurangan :
·         Membutuhkan Koneksi Jaringan
Aplikasi ini mungkin tidak terinstalasi dengan sempurna jika koneksi jaringan kita tidak stabil. Jadi ada baiknya kita periksa koneksi yang digunakan
·         Banyak Memakan Memori
Jika memori penyimpanan di perangkat kita tidak mencukupi kita tidak mengistal aplikasi ini, jadi perikslah kapasitas memori penyimpanan yang tersedia.

2.    Google Chrome
Google Chrome adalah browser web freeware yang dikembangkan oleh Google. Ini pertama kali dirilis pada tahun 2008, untuk Microsoft Windows, dan kemudian porting ke Linux, MacOS, iOS dan Android. Google Chrome juga merupakan komponen utama dari Chrome OS, di mana ia menyajikan platform untuk menjalankan aplikasi web.


Kelebihan :
• Sync Across Devices :
         Mulus mengakses dan tab yang terbuka dan bookmark dari laptop Kita, ponsel atau tablet
• Simpan Data :
         Mengurangi penggunaan mobile data hingga 50% saat browsing
• Cepat Browsing :
         Pilih dari hasil pencarian yang langsung muncul saat Kita mengetik dan cepat mengakses halaman yang dikunjungi sebelumnya
• Voice Search :
         Menggunakan keajaiban pencarian suara Google untuk menemukan jawaban on-the-go tanpa mengetik
• Terjemahkan :
         Mudah membaca halaman web dalam bahasa
• Intuitif Gestures :
         Membuka sebanyak tab seperti keinginan hati Kita dan dengan cepat membolak-balik mereka dengan menggesekkan dari sisi ke sisi pada
toolbar
• Privasi :
         Menggunakan mode penyamaran untuk browsing tanpa menyimpan
sejarah Kita.

Kekurangan :
PRIVASI : Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-a. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu interpretation ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”
LISENSI : Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tapi indicate ini telah dicabut oleh pihak Google.
CELAH KEAMANAN : Beberapa pakar confidence menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki underline Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker
EXTENSIONS : Pada Chrome tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi2 tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.
BAHASA : Pada chrome ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.

3.    Google Play
Google Play adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis awan. Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV.[1] Konten yang telah dibeli tersedia pada seluruh platform-platform di atas[2] Google Play mulai dikenalkan pada bulan Maret 2012 sebagai pengganti dari Android Market dan Layanan Musik Google.
Kelebihan :
1. Tersedia Banyak Aplikasi
Banyak sekali aplikasi-aplikasi menarik yang disediakan di google Play ini, dan menariknya aplikasi ini sangat mendukung segala jenis Hp yang berbasic android.
2. Banyak Game Menarik
Ingin download game yang menarik, fitur terbaik, di mana lagi kalau bukan di google play. Untuk pengguna HP basic android tidak perlu khawatir, sebab di Play store ini banyak tersedia berbagai game yang bisa kita nikmati.
3. Tema terbaik
Banyak memang tema yang menarik dan cantik, termasuk di Play Store ini. Kita dapat mencari dan langsung downloadnya secara gratis sesuai dengan keinginan kita.
4. Kemudahan Akses
Tidak perlu takut dengan internet kita yang lambat, sebab untuk membuka Play Store tidak lama dan tidak memakan banyak kuota internet, jadi adakah yang kita takutkan?
5. Banyak Kategori
Tidak saja kategori game, tema dan aplikasi yang lainnya, akan tetapi kita akan dimanjakan dengan banyaknya kategori yang kita suka, sehingga akan menambah koleksi berbagai aplikasi yang kita inginkan.
6. Selalu Update
Aplikasi- aplikasi dari google Play akan terus menerus update, sehingga kita akan terus dapat menikmati perkembangan aplikasi, baik yang telah kita download atau belum.
7. Tanggapan atau Komentar
Di google Play kita diberikan untuk ikut berpartisipasi baik dengan berkomentar, memberi saran atau kritik. Ini dikarenakan tujuan dari google untuk membuat pelanggannya senang.

Kekurangan :
·         Pasar Bebas : Google Play memiliki filosofi pasar bebas, di mana tidak ada sensor atau kontrol yang berarti bagi aplikasi-aplikasi yang beredar. Penggunalah yang memberikan penilaian, dengan memberi rate (bintang 1-5) dan memberikan review atau komentar tentang aplikasi tersebut. Para pengguna tentu akan memilih aplikasi dengan bintang tertinggi, dan dengan mempertimbangkan pengalaman para pengguna lain yang memberikan komentar tentang aplikasi tersebut. Sistem ini membuat para pengembang aplikasi menjadi lebih responsif terhadap keinginan pengguna. Namun, sistem ini juga memungkinkan Google Play disusupi virus atau malware yang mengganggu dan merugikan pengguna.
·         Kerentanan perangkat Android : Perangkat Android dapat menjalankan aplikasi dari pengembang pihak ketiga. Ketika proses instalasi, perangkat akan menanyakan apakah pengguna mengizinkan aplikasi tersebut untuk melakukan akses dan modifikasi terhadap perangkat, seperti mengakses internet, melakukan panggilan, mengirimkan SMS, membaca dan menulis data di kartu memori, mengakses daftar kontak, mengirimkan data pengguna, atau yang lainnya. Inilah yang membuat perangkat Android rentan terhadap serangan virus atau malware. Namun, sejauh ini laporan serangan virus atau malware terbilang masih sangat sedikit.
·         Pembajakan : Sejauh ini, hanya 32 negara yang dapat melakukan pembelian aplikasi berbayar di Google Play, dan hanya 29 negara yang dapat melakukan penjualan aplikasi. Keterbatasan penjualan ini dapat mendorong pembajakan aplikasi berbayar, terutama dari negara-negara yang belum didukung Google Play.
4.    Instagram
         Instagram adalah cara sederhana untuk menangkap dan berbagi momen di dunia.
Ikuti teman dan keluarga untuk melihat apa yang mereka lakukan, dan menemukan account dari seluruh dunia yang berbagi hal yang Kita sukai. Ekspresikan diri dengan berbagi semua momen hari Kita - highlight dan segala sesuatu di antara, juga.
Kelebihan :
• Posting foto dan video yang Kita ingin menyimpan di profil jaringan Kita. Mengeditnya
  dengan filter dan alat-alat kreatif, dan menggabungkan beberapa klip menjadi satu video.
• Berbagi beberapa foto dan video (sebanyak yang Kita inginkan!) Cerita Kita. Membawa
  mereka untuk hidup dengan teks dan gambar alat. Mereka hilang setelah 24 jam dan tidak akan muncul pada profil jaringan atau dalam pakan.
• Cerita Watch dari orang yang Kita ikuti di sebuah bar di bagian atas feed Kita. Melihatnya pada kecepatan Kita sendiri.
• Pilihan foto dan video yang mungkin Kita sukai dan mengikuti akun baru di tab Jelajahi.
• Kirim pribadi pesan, foto, video dan posting dari umpan langsung ke teman-teman dengan Instagram langsung.
• Seketika berbagi posting Kita ke Facebook, Twitter, Tumblr dan jaringan sosial lainnya.

Kekurangan :
·         Tidak dapat menyimpan foto  yang sudah diunggah
·         Video yang dapat diunggah hanya berdurasi 1 menit
·         Memakan banyak kuota internet yang menyebabkan boros pemakaian

5.     Youtube
YouTube merupakan salah satu penyedia layanan video terbesar saat ini, YouTube juga media untuk upload secara gratis. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis, YouTube juga sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel, Umumnya video-video di YouTube adalah klip video klip, Acara TV, Film serta video buatan para penggunanya sendiri. Dan perlu di ingat, video yang ditampilkan pada umumnya hanya untuk dilihat melalui browser, tidak untuk di download dan dilihat secara offline.
Dan inilah kelebihan dan kekurangan menggunakan Youtube:
Kelebihannya :
·         bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
·         sebagai ajang promosi diri
·         bisa mendownload setiap video
·         bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
·         ukurannya ada yang HD, bisa di download
·         videonya banyak
Kekurangannya :
·         bisa disalahgunakan penggunanya
·         banyak informasi yang menyesatkan
·         banyak negara yang memblok Youtube
·         Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
·         gambarnya tersendat sendat
·         banyak video dengan kualitas buruk
·         tidak cocok untuk slow conection
·         tidak bias download secara langsung



SUMBER :

Budi Sutedjo Dharma Oetomo, S.Kom., MM, 2007.Pengantar Teknologi Informasi Internet.Jakarta : Andi Offset
http://blognyakrishna.blogspot.co.id/2011/02/kelebihan-dan-kekurangan-youtube.html
http://id.wikipedia.org

http://play.google.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN E - BUSINESS

SMALL WORD (STRUKTUR WEB)

ABSTRAKSI DAN GENERALISASI