PENJELAJAHAN INTERNET

DASAR – DASAR PENJELAJAHAN INTERNET

World Wide Web merupakan bagian Internet yang paling banyak digunakan karena World Wide Web merupakan sumber informasi yang ;uar biasa banyak dan terus menerus bertambah dari hari ke hari. Pada kali ini membahas metode penayangan informasi dari web, adapun urutan topik bahasan mencakup :
1.      WWW (World Wide Web)
2.      URL (Uniform Resource Locator)

1.      WWW (World Wide Web)
World Wide Web atau WWW merupakan bagian atau fasilitas Internet yang paling populer. Julah halaman maupun alamat dari WWW atau homepage kian hari kian bertambah. Halaman web atau WWW dibuat dengan format HTML (Hyper Markup Language) dan ditransfer ke server web ke komputer kita dengan protokol standar HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Satu halaman web tidak hanya berisi informasi berwujud teks, tetapi dapat berisikan gambar, animasi, suara, musik, bahkan klip video. Kaitan antara halaman web tidak hanya terdiri dari teks ini disebut hypermedia, tapi kita dapat mengklik teks yang muncul atau klip video. Banyak perusahaan atau lembaga baik skala kecil maupun skala besar memakai homepage di Internet sebagai sarana untuk promosi. Alasannya ialah biaya yang murah dan setiap saat dapat diaktualkan. Berbagai produk dan layanan dari perusahaan tersebut dapat ditampilkan secara menarik di web bersangkutan.selain itu bisnis belanja via Internet atau e-commerce semakin diminati oleh masyarakat pengguna Internet, tidak terkecuali di Indonesia. Perusahaan yang menggunakan e-commerce sebagai sarana pemasaran mendapatkan keuntungan dari kemudahan akses yang luar biasa dari seluruh pelosok dunia.

2.      URL (Uniform Resource Locator)
Pada bagian atas jendela Internet Explorer ada kotak lokasi untuk mengetik alamat homepage yang akan diakses. Kotak pengetikan alamat homepage ini dinamakan URL (Uniform Resource Language). Setiap halaman web di Internet mempunyai alamat unik untuk mengidentifikasi lokasinya. Seperti alamat, URL berguna untuk memberitahkan Internet Explorer ke mana menemukan suatu informasi pada halaman web. URL mempunyai bentuk umum : protokol://komputer/direktori/nama/file. Di mana protokol membritahu Internet Explorer metode transfer yang digunakan untuk mengambil halaman web tersebut.
Beberapa protokol yang sering digunakan antara lain :
·         HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
·         FTP (File Transfer Protocol)
·         News (protokol yang digunakan untuk kelompok diskusi Usernet)
·         Gopher (protokol transfer alternatif)
Bagian kedua dari URL (setelah ://) memberitahu Internet Explorer nama komputer server web, direktori di mana file halaman web dapat ditemukan, dan nama file halaman web. Halaman – halaman web mempunyai nama file yang berakhiran .htm atau .html. Ekstensi ini berarti file dalam bentuk HTML yang dapat ditampilkan browser web, seperti : Internet Explorer, Netscape, Opera, Neoplanet atau Browser lainnya.
Beberapa contoh dari alamat URL antara lain :







DAFTAR PUSTAKA
Kho Yao Tung, Pendidikan dan Riset di Internet, Jakarta ; Dinastindo 2000


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN E - BUSINESS

SMALL WORD (STRUKTUR WEB)

ABSTRAKSI DAN GENERALISASI